Ndak perlu kayaknya yah ada tulisan pembukaan apa itu twitter blah blah.Well, kamu engga punya twitter? Hayo, sana bikin!!

:kishishi:

Sudah? Mari lanjutkan membaca.

Jika latar belakang kamu adalah orang biasa (seperti saya dan jutaan pengguna twitter lainnya –bukan seleb yang tiap hari menghiasi layar kaca); maka kamu tentu memulai ngetwit dari nol. Dan sebagaimana segala sesuatu yang dimulai dari awal, twitter noob butuh adaptasi; belajar dan perjuangan. Bener. Saya engga lebay.

Saya join Twitter tanggal 28 September 2008 dan masih bingung  sampai awal-awal 2009. Pada pertengahan 2009 saya baru paham tentang twitter dan segala macem tetek-bengeknya. Dan setelah mengecap asam-manisnya timeline *halah*, saya menyadari ada tingkatan atau fase kehidupan yang dijalani seorang tweep.

JREEEENGGGG!!!

Dan ini lah tiga fase ‘kehidupan’ di twitter :

1. Noob / Newbie

Ini fase mulai dari nol tadi. Di mana kita bengong tentang apa itu reply @, retweet RT dan hashtag #. Saat itu Twitter bener-bener sangat membingungkan. Semua orang yang ada di layar seperti ngomong sendiri. Apa maksudnya ini? Dan twitter List ini apa sih?

Semua orang mengalami masa itu!

Di fase ini, seorang tweep hanya ngetwit kalau inget saja. Jadi ketika “Eh, ya ogut kan punya twitter ya?” ~kemudian buka web twitter.com dan nulis apa adanya. Satu dua twit, habis itu sign-out.

Tweep yang masih berada di fase ini juga buta dengan client. Dia hanya melakukan update twit lewat situs resmi twitter. Tidak mengenal apa itu Echofon, Tweetdeck, Uber-Twitter, Brizzly, Seesmic, Mixero, Twitterific, Snaptu, dan client-client terkenal lainnya. Deskripsi bio di profilnya standar  ~semacam “Just ordinary girl / boy” dengan poto avatar yang juga ordinary.

Selain itu, pertama kalinya dia hanya mem-follow akun twit milik artis-artis idola (baik penyanyi, band, aktor dsb) dan hanya mengikuti update twit dari saudara / teman yang dikenal di dunia nyata. Jumlah followers-nya rata-rata kurang dari 50.

Mereka para pemula ini menggunakan twitter untuk chatting dan update status engga jelas. Mirip fitur wall-to-wall yang ada di facebook. Atau, iseng menyapa dan mengomentari twit artis-artis –untuk kemudian kecewa karena si artis tidak membalas twit-nya.

Noob yang belum paham tentang dunia twitter ini suka terkena sindrom foll-back. Karena terbiasa menambahkan teman di facebook; dia mengira bahwa jika di-follow seseorang –maka hukumnya wajib untuk balik mem-follow. Maka muncullah twit-twit lucu semacam : “Please, kak!! Follback me!!”

Nah, karena belum merasakan asyiknya dan malah cenderung merasa gak fungsi; banyak noob yang kemudian menyerah dan meninggalkan twitter ~tidak disentuh-sentuh lagi. “Lebih asyik dan enak fesbukan..” katanya.

2. User

Ini fase di mana seorang tweep sudah mulai terbiasa dengan suasana timeline di twitter. Meski masih suka buka twitter.com, dia lebih suka dengan twitter-client pilihan yang biasa digunakan sehari-hari.

Di fase ini dia ngetwit ketika ada waktu luang. Misalnya ketika sedang menunggu antrian di Bank, lagi nongkrong di cafe bareng teman-teman, waktu membosan di sela-sela kesibukan kerja, sebelum nonton pilem atau konser musik; atau ketika melakukan me time di tempat favorit.

Dia juga sudah mencoba mengikuti tweeps yang menarik minat dan meng-unfollow artis-artis yang ternyata malah mengganggu timeline. Dia mengikuti suatu obrolan dan diskusi; ikutan mengkritik atau membahas isu yang sedang ngehits, iseng melempar suatu pertanyaan menggelitik atau bermain-main dengan quiz dan game-game kreatif di twitter lainnya.

Pendek kata, si User ini sudah mendapatkan pencerahan tentang dunia twitter. Dia mengambil yang oke, dan membuang yang ble’e. Dia hanya mengikuti twit-twit yang menarik, meninggalkan yang annoying. Kemudian dia semakin sering membagi sesuatu. Mungkin tulisan menarik di blog, poto-poto kegiatan atau yang unyu-unyu, sinopsis atau ringkasan buku yang sedang dibaca atau review tentang pilem yang habis ditonotn.

Karena dia menarik, followers-nya pun mulai bertambah di kisaran 100 – 1000-an. Poto profilnya mulai unik, dan menggambarkan dirinya. Deskripsi diri di bio twitter pun sudah mulai menggelitik, seperti quote-quote terkenal atau oneliner gahul macem: “Everybody loves me, coz I’m made of chocolate.” atau yang semacam itu.

Dia mulai merasakan asyiknya twitter dan enjoy berinteraksi bareng dengan kawan-kawan dan para followers-nya.

3. Addict

NAH!! Yang ini nih, di fase ini dia ngetwit hampir SETIAP waktu!!

Sekali lagi ngetwit SETIAP waktu. Dia tidak ngetwit hanya ketika sedang tidak sadarkan diri; ketika istirahat atau pingsan.

Twitter  yang super addict sangat berbahaya; karena dia seperti tidak punya kehidupan lain selain twitter. Dia punya twitter-client andalan di semua media. Lewat desktop punya sendiri, henpon punya client sendiri. Ketika internet sedang mati; dia menggunakan layanan Twitter txt yang bisa menerima update dan bisa ngetwit status via sms. Pokoknya timeline harus selalu terbuka di genggaman.

[ Perlu dipahami, bahwa istilah nge-twit di sini tidak berarti harus update status. Membaca timeline, kepo mengikuti in-reply-to suatu percakapan, membuka tautan menarik yang ditwitkan seseorang, browsing dan membuka profil user lain ~juga termasuk aktivitas ngetwit. Yup. Seseorang yang jarang menulis twit tapi dia tetep non-stop mengikuti alur informasi di timeline twitter sudah dikategorikan addict!! ]

Seorang addict yang parah banget bisa mem-follow ribuan orang. Dia meng-list semua yang dia follow, dikategorikan menjadi kelompok-kelompok tertentu. Avatar dan deskripsi di bio-nya unik dan menjadi khas tersendiri. Si addict ini juga suka ngomong apa saja. Dan ketika dia agak lama tidak update; maka status twit terbaru dia akan berbunyi : “Sial! Baru bisa nge-twit.. Gara-gara bla bla bla..”

Memang, buat si addict –twitter sudah jadi kebutuhan pokok. Bahkan saat bangun tidur; update status lebih diutamakan sebelum minum air. Melek, langsung mengabarkan kepada dunia (twitter) bahwa dia masih eksis. Kebutuhan-kebutuhan lain bisa menyusul.

Mengerikan.

Jadi kamu termasuk yang mana?

Jika kamu merasa masih Noob; santai saja. Sekali lagi, semua orang mengalami masa itu! Tidak perlu minder atau ngambek. Pelan-pelan, mulai pelajarilah fungsi dan fitur di twitter. Ikuti tweep yang menarik atau yang direkomendasikan temen. Cari yang cocok denganmu. Misalnya kamu seorang penyanyi, follow para penyanyi canggih. Tidak perlu artis. Kalau kamu seorang desainer, di twitter banyak beredar tweep yang suka bagi-bagi tips desain. Go figure!

Jika kamu seorang User, bersyukurlah. Ini adalah fase teraman. Kamu tidak ketinggalan zaman, namun juga masih ‘terbangun’ di dunia nyata. Tetaplah dalam posisi seperti ini. Boleh mengembangkan sayap dengan menambahkan siapa-siapa yang di-follow; namun tetep balance. Punya akun twitter memang penting, namun bisa menyeimbangkannya dengan kehidupan nyata sehari-hari jauh lebih penting. Mantap!

Jika kamu ternyata udah jadi seorang Addict, waspadalah! Hati-hati, mungkin ada kerjaan yang terlunta, atau kewajiban-kewajiban yang belum ditunaikan. Inget juga bahwa tubuhmu perlu makan dan minum. Kalau kamu mengikuti ribuan orang, bikinlah list twitter ~atau ‘membersihkan’ daftar dengan membuang yang engga penting. Kalau ketergantungannya beneran udah parah banget, sebaiknya bikin jadwal kapan boleh buka twitter kapan harus berhenti. Inget kan, bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu engga baik. Okay?

Sebenarnya masih ada beberapa rahasia yang ingin saya bagi, tapi nanti saja lah. Pelan-pelan sahajaaaaaaa…

:blush:

163 tanggapan untuk “#34 : Tiga Fase di Twitter

  1. Ternyata twit ga sesederhana tampilannya, ya.
    Kudu dipelajari labih dalem neh…. :blush:

  2. Saya malah sama sekali nggak aktif di twitter. Udah bikin akun sih di situ. Tapi setelah itu, saya gak pernah login lagi.

    Saya lebih suka ngeblog aja untuk menyalurkan hobi menulis. Toh bagi saya, informasi nggak hanya bisa diperoleh lewat twitter. Sosialisasi? Itu bukan tujuan utama saya aktif di dunia maya :)

  3. hamsul on December 27, 2010 at 20:14 said:

    :grr: pokox saya minta sertifikatx setelah selesaikan game ini…

  4. :woot: widih game nya masova bagus banget !! suerrr 8-) ai laik it

  5. ohohohohohohohoho |-) :woot: :D

  6. aku adddict kayaknya :-w harus cepet cepet berubah nih udah kecanduan banget :dies:
    tapi sekolahku tetep gak keganggu sih untungnya :kikik:
    *loh? malah curhat*

  7. Saya seorang twitter addict :cry:
    kecanduannya banget…
    tpi klo masih mementingkan kerjaan, trus ngetwit stlh selesei kerja namanya juga masih twitter addict ya mas?

  8. Saya seorang twitter addict :cry:
    kecanduannya banget…
    tpi klo masih mementingkan kerjaan, trus ngetwit stlh selesei kerja namanya juga masih twitter addict ya mas?

  9. ane udah punya twitter…
    tapi ane kagak ngarti cara makenya…ribett…!!!
    :D :D :D :D

  10. Yes! untung aku masuk di fase aman sbg “user” ngetwit seperlunya aja dan ngeRT jika ada quote yg menarik. :surprise:

  11. Rifda Annelies on February 1, 2011 at 15:49 said:

    :music: saya masih user! :D :music:
    tapi bioya masih newbie! 8-| ga ada inspirasi!

  12. :kikik:
    User cenderung Noob.. nah.. apa pula itu? :-?

  13. ngapain sih yang parampa kita semua yang level space rouge, ngapain sih???

  14. :cry: noob kecian… including me :D

  15. asta on March 19, 2011 at 23:27 said:

    kaya’nya gw udh masuk ke “addict” ni :kishishi:

  16. Narita Damayanti on March 22, 2011 at 19:02 said:

    kalo aku ‘user’ :)

  17. Hana7x on March 31, 2011 at 12:42 said:

    waaahh kayaknya saya termasuk addict nih. suka lupa ama dunia nyata klo udah nge-twitt :dies:

  18. Pingback: Twitter : Singkat, Padat, Bermanfaat « Bukan (Sekadar) Catatan

  19. aku termasuk yang (tidak) twitter-an dan facebook-an
    aku punya kunnya tapi belum tentu 1 minggu sekali kubuka.
    Lebih suka buka yang lain, kaya blog dan chating

  20. UBED on May 24, 2011 at 21:59 said:

    nooooooooooooooooobhttp://www.mustova.com/wp-includes/images/smilies/icon_surprised.gif

  21. UBED on May 24, 2011 at 22:01 said:

    nooooooooooooooooob :-0

  22. UBED on May 24, 2011 at 22:07 said:

    nooooooooooooooooob :-0

  23. wah,, kalo aku malah sebaliknya. Pertamanya doang addict, terus lama kelamaan bosen juga. Abis temen-temenku ada di facebook semua :)

  24. Raissa on July 16, 2011 at 12:54 said:

    :-w saya sudah twitter addict… :cry:
    tapi, untungnya itu ga mengaruhin aktifitas rutin sayaa.. :fufu:
    tp, memang sih, biasanya, setiap yg sudah addict di twitter itu men-tweet setiap gerakgeriknya #untungsayagasepertiitu… :music:

  25. Met ngetwitt…
    Ati2 jempolnya jangan sampai gepeng… :fufu:

  26. :-0 :-0 :-0 :-0 :D :D :D :surprise: :surprise: :surprise: :music: :music: :music: 8-| 8-| 8-| :hoahm: :hoahm: :hoahm: :grr: :grr: :grr:

  27. Novanrizaldy on August 14, 2011 at 12:51 said:

    Siapa yang punya twitter???follow q yach…@novanrizaldy

    (:

  28. Yang punya twitter dipilih-dipilih :D :D :D
    Add gua @Rezkyman
    kalo nggak gue nangis :(( :(( :(( :(( :((

    capek :cry: :cry: :cry:

  29. menurut tatang sutarman twitter sama chatting beda kalo twitter di hape harga :-3 gaada tapi chating dimanamana ada :woot:

  30. yasmin on September 6, 2011 at 20:46 said:

    WOW i’m tweeter addict :fufu: biarin deh yang penting hepi :music: berarti kita sama yey! 8-) ,follow twitterku yaw @yasmin_nessaash makasihhh,jangan gak difollow! :-3

  31. izin copas, mo dishare lwt fb… :D

  32. Dulu sempet jadi addict,, tapi sekarang udah kembali menjadi user bersahaja :kikik:

  33. what everr mee on October 23, 2011 at 14:05 said:

    aman, aman>>>>> |-) :fufu: :)

  34. Tweeter gmana main nya yah? :blush:

  35. AngryMmd on December 18, 2011 at 08:19 said:

    masing masing sepertiga :)

  36. M. Henda on March 15, 2012 at 18:28 said:

    Hmmm

  37. Sri tanjung on March 20, 2012 at 15:47 said:

    follow me @tanjungsri

  38. :-X :-x :-0 :-o :-?

  39. misi pak/bu, saya mau numpang promosi ya :)

    silahkan kunjungi blog saya untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat. info bisnis juga ada lho !!

    http://si-penulis-biasa.blogspot.com/

    terima kasih :)

  40. :yawn: kak, kok level 28 kalo klik tab ada tulisan CURAAANG !! sih? :hehe: :kyaa: :-3 :yawn: :O :sleepy: :( :sorry: X( :dies:

  41. daniel agger on May 8, 2013 at 17:38 said:

    :)

  42. aduuuhhhh…… kyknya aku masih yg pertama deh… :-w

Comment navigation

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:-) :blush: x) :-w :iyagitu: :fufu: :sorry: :kishi: :gross: :die: 8( :hihi: :-? more »

Post Navigation