Ramadan, dari kata ramada – yarmidu (bahasa apa mas? bahasa timbuktu, dek!! Ya bahasa arab, laah). Maknanya ‘panas, gerah, berat’. Ini untuk menyebut suatu kondisi musim yang panas menyengat di mana Ramadan itu tiba.

Di Indonesia, Ramadan tahun ini bertepatan dengan bulan Agustus –yang tentu kita tau, adalah bulan perayaan kemerdekaan negara kita tercintah. Sepertinya asyik banget yah. Merayakan party tujuh belasan sekalian dengan puasa. Seru, sekaligus berpahala.

Ironisnya, ternyata Ramadan tidak benar-benar merdeka. Malah, ada beberapa pihak yang justru membelenggu kemerdekaan. Misalnya, kasus warung-warung makan yang dipaksa tutup ketika siang hari. Atau tempat-tempat hiburan yang bukan hanya ditutup, tapi dirusak dan dihancurkan.

:dies:

Puasa, as far as I known, adalah ibadah personal. Meskipun dikerjakan bareng-bareng bersama keluarga, teman dan orang-orang Islam sedunia –ibadah puasa itu dilakukan secara individual. Maksudnyah, puasa yang saya kerjakan gak ada kaitannya dengan orang lain. Saya laper, yang laper saya sendiri.

Namun, yeah, ada beberapa orang yang ngerasa kalau puasa itu harus berame-rame. Ane puasa, ente juga harus puasa! Ente gak boleh makan! Gak boleh maksiyat!! Gak boleh goda-godain ane!!!!

LAH?! Puasa itu kan MENAHAN godaan, bukan MENGHILANGKAN godaan.

Enak banget yah keknya, puasa petentang-petenteng gak ada godaan. Di sekeliling, semua orang juga pada berpuasa. Tinggal menjalani saja, bersama-sama. Gak seru!

‘Orang-orang itu’ paham sekali bahwa mayoritas agama di Indonesia itu Islam, kemudian mungkin tanpa sadar merasa bahwa negara ini adalah negara Islam. Mereka engga pernah merasakan menjadi minoritas. Coba sekali-kali mereka dikirim pasanan di pulau Bali.

Coba mereka merasakan, seperti cerita Iphann yang pernah tinggal di Bali. Kemarin dia sempat men-twit-kan sekelumit cerita tentang kehidupan Ramadan di Bali. Bagaimana godaan puasa di pulau dewata yang sungguh luar biasa: restoran fast food gak perlu pake tirai, warung tetep buka, dsb. Teman-teman Iphan di Bali juga sangat menghargai. Misalnya ketika, tanpa sadar makan di  waktu istirahat sekolah –mereka langsung minta maaf. Mereka penuh toleransi. Gak pernah gangguin orang yang puasa. Bagi yang puasa? Biasa aja. Udah punya iman!!

Lha ini sepertinya kebalik; orang-orang yang berpuasa malah justru gangguin orang-orang yang engga berpuasa. Ngerusak seenaknya. Maksa nutup warung seenaknya. Bahkan di suatu daerah, ada aturannya dari Pemerintah. Wow!

Memang situ aja yang puasa? Mereka yang sakit, mereka yang musafir gimana, mereka yang engga dikenai kewajiban puasa gimana? Saya bingung, tujuan dan alasan maksa warung ditutup ini apaa?

Abah saya menyebutnya sebagai “kekerdilan diri” atau tidak percaya diri. Tidak percaya bisa kuat puasa kalau ada warung yang buka.

Abah juga bilang; padahal kalau warung banyak yang buka dan kita tetap melaksanakan ibadah puasa, berarti makna pengendalian diri kita menjadi lebih. Artinya, kita memang betul-betul mampu mengendalikan diri. Tidak ada urusan, kita meminta orang lain untuk membantu puasa kita. Puasa sendiri kok minta bantuan orang lain?

Loh, tapi Ramadan ini kan suci! Kita perlu menghormati bulan Ramadan!

Oh, please. Tanpa perlu kita hormati, dari duluuuu –Ramadan itu juga udah suci. Udah mulia tanpa perlu dimuliakan. Sama kayak kita  mengecat emas dengan cat warna emas, gak guna banget kan?

Kenapa di saat Ramadan, dan bahkan di saat perayaan kemerdekaan Indonesia malah ada warga yang merasa tidak merdeka? Ada yang merasa kerdil, ada yang merasa enggak percaya diri..

Hayoo. Apakah kita sudah benar-benar merdeka?

:)

102 tanggapan untuk “#32 : Merdeka di bulan Ramadan

  1. busyet lucu buanget…………….

  2. Mikamika on December 16, 2010 at 12:44 said:

    like this.. :kikik:

  3. ricardo on January 15, 2011 at 02:18 said:

    :D |-) 8-)

  4. Reyhan on February 15, 2011 at 20:20 said:

    hahaha suka deh :) :) :)

  5. suka deh tulisannya :blush: :kikik: :fufu:

  6. aku suka banget deh sama comic strip parampaa… :nyu: :) :fufu: lucu lucu! :D :-3

  7. no name on March 11, 2011 at 11:48 said:

    no comment :hoahm:

  8. Wkakakaka buat nututpi doang :D

  9. ??????? on March 27, 2011 at 11:14 said:

    :oya: lucu buanged :kikik: :fufu: :kishishi:

  10. kagari on April 25, 2011 at 13:10 said:

    :music:

    (mau pake emotenya aja, gapa2kn)
    heheheee

  11. ocit84 on April 27, 2011 at 18:18 said:

    mungkin itu bagian dari amar ma’ruf kali…tapi yang kebablasen… 8-)

  12. :D :D :D lucuuu bgt,,,
    :kikik: :kikik: :kikik: :surprise: 8-| :music: :music: :music: :music: :music: :music: :music: :music: :music: :music: :music:

  13. Nashir on May 19, 2011 at 17:53 said:

    :-O

  14. Rud-i on June 27, 2011 at 11:30 said:

    emang Bener juga..
    Q jg g Stuju Klo Warung Mau buka, tp dipaksa tu2p. :-w ..
    Kec Maksiat, harusnya bln ramadan pa haruz Ditumpas!!!! :-E
    menuju Merdeka!!!! :-0

  15. faishal on July 29, 2011 at 15:16 said:

    Pasti hanya saya dari seluruh orang se-Indonesia yang kurang menyetujui membuka tempat makan pada siang hari bulan Ramadhan…
    :cry:

    • imunk on June 13, 2012 at 17:09 said:

      ane juga gak setuju kalo ada warung buka siang hari di bulan ramadhan.
      mungkin yang punya warung perlu diberi nasihat, kalo selama bulan ramadhan wajib menghormati orang yang sedang berpuasa dengan cara menutup warungnya.

  16. Abdil on July 31, 2011 at 11:51 said:

    HAHAHAHHAHHAHHAHA :D :D :D

  17. celotehnya menarik juga nih. sebenernya simple seh
    tp maknanya dalem banget gan.
    ane salut baca bait demi bait :)
    apalgi tentang definisi puasa dan ttg kemerdekaan orang2 minoritas/ hahah salut lah 8-)

  18. My spouse and i got now happy that John managed to finish up his research by way of the ideas he came across from your site. It’s not at all simplistic to just be offering concepts that many people today might have been selling. And we also fully grasp we have got the blog owner to thank for this. The main explanations you have made, the straightforward site menu, the relationships you help to promote – it is many great, and it is letting our son in addition to the family understand that matter is thrilling, and that’s exceptionally essential. Thank you for all the pieces!

  19. aneh simabak ini :D :D :D :D

  20. aahaaahaha…

    Ngena banget nih :D

  21. aahaaahaha…

    Ngena banget nih :D

  22. lol 8-| :D |-) :oya:

  23. :} teman saya iklan sabun mandi tiap hari pake baju gak apa-apa

  24. :) :) :) :) :) :-3 :-3 :-3 :-3 :) :) :) 8-) :-(

  25. :surprise: :sleep: :nyesel:

  26. Saya setuju dengan konsep adil ini. Tetapi alangkah bagusnya jika konsep ini di bicarakan secara personal terhadap orang-orang yang sudah berlebihan tersebut. Karena … andapun tau apa effectnya dari tulisan anda … bukan alasan karena ada kebencian tetapi akan ada segelintir orang yang memanfaatkan untuk kepentingan golongannya yang menyebabkan penyelasan diri sendiri di kemudian hari. Saya rasa anda mengerti situasi yang terjadi dan lebih paham karena banyaknya informasi yang anda rekam.
    Dan Terima kasih atas antusiasnya. Wassalam.

Comment navigation

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:-) :blush: x) :-w :iyagitu: :fufu: :sorry: :kishi: :gross: :die: 8( :hihi: :-? more »

Post Navigation