Akhir tahun 2009 bener-bener surprise buat saya. Bukan. Bukan surprise ada yang ngasi bunga, dapet hadiah jutaan rupiah atau kejutan didatengin Asmirandah gitu. Bukan yang kayak gitu.

Pertama. Saya bener-bener gak menyangka si Parampaa bisa menghantui ratusan orang pemakai internet untuk memainkan suatu Quiz absurd yang menjengkelkan, ngeselin dan bikin frustrasi.

Awalnya saya gak berniat untuk menyebar game menjengkelkan itu. Dengan alasan :

a. Ini bukan game original.
Saya sadar, dan saya jelas-jelas mengakui kalau Quiz Parampaa terinspirasi dan diadaptasi dari The Impossible Quiz bikinan Mr Glenn Rhodes aka Splapp-me-do. Beberapa bentuk pertanyaan dan puzzle di QP identik dengan TIQ; saya merubah kalimat dan mengubahnya jadi lebih lokal. Banyak yang mengatakan plagiat, atau menjiplak, atau membajak. Biasa, saya hargai pendapat orang yang menjunjung tinggi orisinalitas suatu karya. Well, faktanya, saya sudah dapat izin tertulis dari Mr Splapp untuk membuat versi ‘lokal’ dari The Impossible Quiz.

Namun, untuk menghargai creator aselinya, tentu saja saya mencantumkan namanya di halaman Credits.

b. Saya nggak pede. *halah*
Quiz Parampaa saya bikin dengan Flash 8 yang masih memakai Actionscript 2.0. Dalam artian, udah jauuuh ketinggalan zaman. Desain dan visual di dalamnya sangat sederhana, tanpa 3D ataupun efek-efek yang canggih yang menawan. Sound-effectnya pun dapat gratis dari situs2 penyedia sfx seperti flashkit.com. Ketika saya memainkan game itu sendiri pun saya mikir; “Game apaan nih!! Wagu banget..”

Saya hanya menyebarkan secara terbatas kepada handai taulan; sodara-sodara dekat. Melalui facebook, milis dan twitter. Satu dua orang memainkan dan berkata “Game ngeselin!”. “Nyebelin!” dan yang semacamnya. Karena memang hanya sekedar iseng, QP tidak menjadi fokus perhatian saya.

Ternyata eh ternyata, ada seseorang yang memposting dan men-share link Quiz Parampaa di forum terbesar di Indonesia; Kaskus. Oh, boy!!
Apa yang terjadi? Traffic blog ini; yang biasanya hanya 1-3 gelintir orang pembaca –menanjak drastis menjadi 65-an. Akibatnya, hanya tempo 2 hari blog ini pun modyar.

Ada kawan saya yang menyangkal dan menyemangati saya untuk terus melanjutkan Quiz Parampaa lebih dari sekedar iseng. Katanya :

Saat ini, hampir tidak ada yang original. Karena manusia semakin maju; manusia kini mengembangkan apa yang sudah ditemukan oleh orang-orang terdahulu. Menambal yang bolong, memperbaiki yang buruk. Copycat atau plagiat adalah meniru persis tanpa membubuhkan nama orang yang ditiru. Jika Quiz Parampaa 100% isinya SAMA PERSIS dengan The Impossible Quiz; itu berarti plagiat abisss. Sekarang dilihat saja sendiri.


Kedua. Kebalikan dari kejutan pertama yang menyenangkan; ada kejutan luar biasa menyedihkan yang semua pasti sudah tahu. Presiden ke-4 Republik Indonesia meninggalkan kita. Selain mengibarkan bendera setengah tiang di depan rumah, saya juga memasang simbol bela sungkawa di ‘rumah’ saya ini.

We will miss your jokes, we will miss your “gitu aja kok repot”, Gus..

Selamat Tahun Baru 2010.. Semoga tahun ini membawa berkah buat semuanyaaa..

120 tanggapan untuk “#26 : 2009 – 2010

  1. kakak…..mohon bantuannya….saya ITA, sekarang saya lagi revisi TA dikasih waktu hanya 1 minggu ini, revisinya hampir sama pembuatan quiz yang ada pada parampaa 1 level 18, gimana cara buatnya Kakak?
    mohon bantuannya……

    • klo cuma iseng kok gamenya bisa di mainin? :)
      tapi klo terinpirasi sama impossible quiz soalnya dari pikiran sendirikan?
      aq bilang sih lbih bagus QP daripada impossible quiz(aq udah coba)
      :| :| :| :|

  2. Kak

    ajarin bikin game flash dongk ..

    (^)-(^)

  3. :sorry: :kyaa: :kyaa: :kyaa: :kyaa: :kyaa: :kyaa: :kyaa: :kyaa: B) B) B) B) B) B) B) B) B) B) B) B) B) B) :D :D :D :D 8( 8( 8( 8( :-E :-E :-E :O :O :dies: :hehe: :hehe:

  4. Saya mau bikin game flash dan menyebarluaskanya :)

  5. Tapi ga punya macromedia flashnya :cry:

  6. Kakaa,mohon bantuannya,,saya mau tanya gimana caranya bikin life bar di game flash kaya QP kaka,,ini buat tugas penulisan ilmiah saya yg nyoba2 bikin game sejenis krn suka bgt sma parampaa dan penulisan itu mesti disidangin juni ini..I’M STUCK with it.. :huhu: :cry: ..mohon bantuannya ya ka,,trimakasih..  :blush:

  7. EEeehhh mauu coba mbuatt ahhhhh :D heheheehe… gua streess ama QP 2 beta lepel 104 8( …… Kunjungan balikkk yaaaaahhh guysss :rly: :hehe:

Comment navigation

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:-) :blush: x) :-w :iyagitu: :fufu: :sorry: :kishi: :gross: :die: 8( :hihi: :-? more »

Post Navigation