Endah N RhesaNama Endah Widiastuti dan Rhesa Aditya (disingkat Endah N Rhesa) mungkin sangat asing di telinga penikmat musik ‘mainstream’ Indonesia. Sama hal-nya dengan nama Efek Rumah Kaca yang tenggelam oleh ‘wibawa’ ST12, d’Masiv atau Ungu *sigh*–kualitas dua musisi (amat sangat) berbakat ini mungkin masih tertutup nama Prisa atau Maia (well, rasanya saya keliru membandingkan, karena formatnya beda). Hanya beberapa orang yang tahu, dan saya beruntung bisa menjadi salah satu yang sadar akan keberadaan mereka.

Mereka adalah duo akustik; Endah memainkan gitar dan bernyanyi, sementara kekasihnya Rhesa menimpali dengan bass. Anu, susah sekali untuk me-review masing-masing dari pasangan ini. Karena keduanya saling mengisi, ndak bisa dipisahkan. Seandainya Endah main sendirian, tanpa Rhesa –kayaknya ada yang kurang. Begitu pula sebaliknya.

Album mereka “Nowhere to Go”, penuh dengan lagu-lagu folk-jazz berkualitas A+. Saking hebatnya, setelah mendengar semua track –kamu akan merasa ingin sekali bertemu dan menyalami mereka, sambil bilang. “I love you guys!!!”

Nowhere to Go dibuka dengan I Don’t Remember, yang entah kenapa langsung mengingatkan saya pada sound Norah Jones. Lagu aneh, namun indah. Saya baru mendengar ada orang Indonesia yang mampu bikin track kek gini ini. Liriknya pun cukup menarik, tentang seseorang yang hilang ingatan. Ini adalah single andalan yang katanya sebentar lagi akan muncul video klipnya. Dilanjut dengan instrumentalia Dreams Interlude –yang sangat dreamy. Nyaman, dan bikin ngantuk. Itulah kenapa, durasi-nya cuma 1 menit. Karena kalau diterus-teruskan, kenyamanan itu akan bikin kita terlelap. Haha.

Berikutnya adalah track favorit saya, Blue Day. Nuansa blues yang menggairahkan memenuhi setiap verse dan chorus. Kamu akan dibuai dengan vokal mengawang yang lembut namun prima, plus solo gitar yang mbikin tersenyum. Tidak itu saja, track ini mempunyai quote coda yang agak lebay namun sangat manis. “You’re the reason I live, you’re the reason I die.”

Track berikutnya adalah When You Love Someone, lagu yang menurut saya paling ‘komersil’. Di telinga masyarakat Indonesia, lagu ini terdengar begitu biasa. Wajar. Nah, meskipun dibikin senge-pop mungkin, lagu ini masih saja terdengar aneh. Sebelum lagu berakhir, ada progresi yang menarik. Kisah dalam liriknya sangat abegeh, dan saya yakin akan menginspirasi banyak cewek-cewek remaja.

Living with Pirates adalah favorit kedua saya. Lagu rock ‘n roll ceria dengan lirik yang tidak biasa. Saya adalah penggemar bajak laut (ya, saya mengoleksi trilogi Pirates of Caribbean dan manga One Piece –dua2nya tentang kapten bodoh), dan buat saya –aroma lagu ini identik sekali dengan bajak laut. Berkisah tentang arah tujuan yang tidak jelas, tentang Kapten idiot, tentang monster laut dan kabur dari penjara. Begitu lagu ‘liar’ ini berakhir, kelembutan Catch the Windblows menggantikan. Ini juga jadi favorit saya –yang entah kenapa, sangat imajinatif. Mungkin karena liriknya mengisahkan tentang ‘aku’ yang buta. Hmmm, seandainya saya bikin pilem tentang kisah inspiratif, dengan tokoh yang optimis dan ‘melihat’ bahwa dunia itu sangat indah –lagu ini akan jadi soundtrack-nya. Salah satu yang bikin saya suka adalah arpeggio piano yang datang mengiringi.

Kemudian, 2 track berikutnya mempunyai tema 2 sosok pria. Tapi bukan tentang kekasih atau pasangan selingkuh yang jadi prototip lagu-lagu di negeri kita. Pria pertama ada di Thousand Candles Light; lagu yang mempunyai dedikasi seperti Di Udara-nya ERK. Benar, ini tribute untuk alm. Munir, seseorang yang menginspirasi kita untuk terus berjuang. Saya sangat suka lirik di chorus-nya, “He’s not afraid of the dark, ’cause the dark is part of our life.” Pria kedua, -yang saya curiga– adalah tokoh fiktif bernama Uncle Jim. Dia adalah seorang musisi gelandangan renta yang memainkan biola tua sambil berdansa. Kayaknya, tokoh semacam ini beneran ada di dunia nyata. Tokoh yang dipandang kebanyakan sebagai orang gila –namun memberikan semangat buat kita; meski hanya dengan ucapan “Don’t worry, be happy.”

Baby It’s You adalah track favorit lain yang sangat saya sukai. Lagu ini secara tidak sengaja menjadi soundtrack buat saya dan comicstrip di blog ini; karena memiliki chorus keren yang dinyanyikan berulang-ulang : “Pa pa pa, pa pa parampaa!!” Muahahahaha. Di track ini, Endah N Rhesa menyisipi trompet dan trombone. Cool, huh? Thanks udah bikinin saya lagu ini, guys.

:oya:

2 track di akhir perjalanan album ini bener-bener layak dijadiin pungkasan. Before You Sleep adalah lullaby yang sederhana namun dahsyat. Nada-nadanya somehow terdengar familiar di telinga. Endah n Rhesa seperti menerjemahkan ketulusan kasih sayang seorang Ibu sebelum memberikan kecupan selamat tidur pada anaknya. Sweet. Sementara Take Me Home adalah encore yang mengisahkan perasaan lelah setelah seharian tersesat dan kebingungan. Dengan suara hammond menyayat-nyayat, lagu ‘pasrah’ ini jadi bernuansa megah. Kalau dimainkan live, kayaknya cocok sekali diletakkan di ending –di mana para penonton beranjak dari tempatnya untuk pulang. Tentu sambil melambaikan tangan dan tersenyum kepada sesama. Oh, crap. Tuh kan, lagi-lagi saya membayangkan sesuatu. See? See? Album ini imajinatip banget..

CD original loooh..

Ya, benar.Saya emang motret-nya di taman di depan kamar.

Saya merekomendasikan album ini untuk siapapun yang pesimis dengan kondisi musik di tanah air. Karena (ternyata) masih ada musisi lokal kita yang bermain dengan sepenuh hati kayak Endah n Rhesa ini. Mereka bukan industri; bukan musisi yang seenaknya memproduksi lagu-lagu kacangan hanya demi uang. Musik mereka di atas rata-rata. Lirik imajinatif, eksekusi total dan kesan positif yang muncul di tiap lagu membuat album Nowhere to Go harus Anda miliki. Kalau saya boleh memberikan fatwa, maka saya wajibkan untuk membelinya. Serius!!

Kekurangan album ini adalah ketiadaan lirik di dalam paket sleeve CD mereka. Alih-alih mencantumkan lirik, Rhesa lebih suka menggambar figur-figur yang ada di dalam tiap lagu dengan style kekanakan yang unik. Ada Paman Jim sedang memainkan biola, burung kakak tua + Kapten yang kabor dari penjara dan tak ketinggalan figur Endah herself yang sedang mencari jalan pulang. Namun kekurangan ini tidak jadi masalah, karena mereka menaruh semua lirik album Nowhere to Go di website www.endahnrhesa.com.

Salah satu kekurangan lain adalah efek ketagihan dan rasa penasaran untuk mendengarkan lagu-lagu mereka yang lain. Hahag. Sialan, saya kagum dengan mereka. Saya bangga dengan Endah N Rhesa..

Oia, please.. Jangan request link donlotan mp3-nya, karena saya mbeli CD yang original!!

Hargai musisi Indonesia!!!

:)

106 tanggapan untuk “#15 : Endah & Rhesa

  1. endahNrhesa, taunya cuma when u love someone tookkkk. yg lain belom denger, abis tiap mereka on air di tipi, yg dibawain itu melulu…’
    emang asik sih… :music: |-)

  2. Paling suka samaa “When U Love Someone” hehehe,
    Easy listening banget deh pokoknya Endah n Rhesa ini.

    :music:

  3. haha, kocak benerr, cuma gak ketawa sih :D

  4. santafee on April 25, 2010 at 10:57 said:

    Awww saya juga jatuh cinta sama endah rhesa,btw Track I don’t remeber itu bukan ttg cerita orang hilang ingatan,tapi cerita orang yg ga nyadar klo dah meninggal pas nylametin seekor anjing (aw co cuit).ga nyangka ada musisi indo bisa bikin track2 kayak gt :music: :music:

  5. :music: pengen denger …… :kikik: ke tekape

  6. pengen denger~ baru denger nih ada musisi kae gini di Indo~ kereeennn…. langsung nyari deh~ :fufu:

  7. HAHAHAHAHA
    lucu sekali :D
    pecicicicicicici

  8. like thiiiiiis saya (meskipun amatir :sleepy: ) seorang gitaris yang sangat menyukai gitar (yaiyalah ya :nyu: ) dan saya sangat menyukai ini (gaje mode on 8-| )
    DAN GW JUGA CINTA SAMA ONE PIECE <3 <3 <3
    MAKIN OKE DEH PAM PAM PAM PARARA PAM PAA PARAMPAA (sumpah ini ada nadanya :grr: )

  9. aditya on June 11, 2010 at 14:58 said:

    gue suka nih lagu2nya…..hahha,thanks to bang masova,,,renyahhh…hahayy,,,asik nih bwt nemenin di perjalanan… :music: :music: :music:

  10. Himawari on June 24, 2010 at 15:30 said:

    Lo, bukannya Baby It’s You ntu lagunya Jun Ritsutaya?
    “Baby It’s you, sono tami imo, itsu no hi ni ka, omoi de ni naru yo, You’re only one, tsumazuite mo, kawaranai, Kimi ni ima, tsutae the things with called love!”
    Liriknya kayak gitu kok! *yang Jun Ritsutaya*

  11. fikamar on August 30, 2010 at 04:27 said:

    makasi ya masova uda bikin review ini. saya emang lagi nyari lagu-lagu yang isinya padet tapi ga keras. bosen banget lagu2 sekarang yang isinya tentang cinta nyomet…eh monyet (: sampe2 tentang selingkuh. ini mah ngajarin buat pacaran trus poligami yaaa? :-?
    dan sekarang ini setelah dengerin lagu Endah N Rhesa ribuan kali (11 lagu x sekian hari), saya sedang mencoba promosi sama temen2 SMA biar mereka dengerin lagu2 ini. yah baru 2 orang yang tertarik… tapi gpp deh. ntar nyebar sendiri :fufu:

  12. endah N rhesa emang keren, semua lagunya gue tw…
    tp cuma hafal sebagian.. thx bwt masova yg ngepost tntg mereka,
    temen2 gw di skolah gk ad yg tw tuh, gw jg gk minat nyebarin ke mreka.. :music:

    gue minjem cd temen gue yg ori, trus gue copy deh… :nyu:

    kedengeran kayak boong kan?? :kishishi:

    nggak boong kok, :) mw tau caranya?
    8-|

    STOP PIRACY …!!!!! heheh :D

  13. suka banget musiknya endahnrhesa :fufu: :music:

  14. :D
    hihi, I love Endah n Rhesa, udah tau dari lama kok, mas Ova

  15. siKubil on June 4, 2011 at 15:12 said:

    ajib… keknya seru banget ya?
    :nyu:
    tapi mau beli kok ngerasa males yak? uhuk
    :kishishi:
    sudah lah… nanti saya beli… insyaallah…
    |-)

  16. santry on June 6, 2011 at 11:30 said:

    mas, link donlot langsungx catch the windblows, dong……

    help me…

  17. santry on June 6, 2011 at 11:30 said:

    :oya: :oya: :oya: :oya: :oya:

  18. Wawwwwwwawawawaw!!
    Kereeeeeeeeeeeeeen!!!!!!!!!
    |-) :woot: :music: :) 8-)
    Sampai kagum saya!
    :-O :-0

  19. Im sorry Masova… But…

    http://*****************************************

    That the download link…

    :music: :music: :music: :music: :music:

    —————————-

    Komentar disensor karena nyebar link donlotan.. ~masova

  20. febbi on July 25, 2011 at 12:49 said:

    cinta skali saya sm lagu-lagunya mreka ini.. :oya:

  21. Wah gan, ijin sedot reviewnya ya, sama ERK buat reply di Kaskus :oya:
    * :music: Lagi dengerin Endah N Rhesa-Blue Day :music: *

  22. salah satu band favorit saya.. :D
    suaranya mbak endah merdu sekali dan lagu2nya bener2 keren

  23. salah satu band favorit saya.. :D
    suaranya mbak endah merdu sekali dan lagu2nya bener2 keren

  24. Novanrizaldy on October 14, 2011 at 16:16 said:

    Endah n Rhesa emang oke mantep ajib :music: :music: :music: :nyu: :) :oya:

  25. mantaap banget dah :music: :music: :music:

  26. mantaap banget dah :music: :D

  27. Riannti on December 29, 2011 at 13:07 said:

    Mereka bikin bangga.

    Waktu pertama denger aku pikir mereka bukan orang Indo. Vokal Endah keren, very characteristic.

    Musisi seperti mereka memang mesti dihargai di Indonesia, bukan hanya karna mereka bermusik dengan hati, tapi karna mereka bermusik dengan kualitas.

    Aku suka Wish You were Here dan When You love Someone. Very catchy, deep, meaningful!

  28. RahMat on February 18, 2012 at 10:09 said:

    :woot: :nyu:

  29. Mulia arham on March 12, 2012 at 11:29 said:

    Aku udah punya RBT-Nya yang berjudul Wish you we

  30. :woot: :zzz: :dies: : ! :

  31. Theresia on November 9, 2012 at 13:41 said:

    Waduee, ada yaa yg nggak tau Endah n Rhesa.. hehehehe saya mah penggemar mereka bangeeett.. Bagi yg belum pernah denger, coba deh beli CD nya, nggak nyesal koq, i guarantee.. :music: Fingering-nya Endah yg whoaaaoow dengan gitar Cole Clark-nya kedengaran so so so crunchy! Dan bass-nya sang suamiii Rhesa, betapaaaa menghidupkan lagu2 mereka. :D SWEET BEAUTIFUL TALENTED COUPLE! Kalau mau lihat langsung cari di youtube. :D

  32. :fufu:
    wanted to meet your. . . . >_<

  33. sayangnya mau beli CD-nya keburuan orglain hahaha

Comment navigation

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:-) :blush: x) :-w :iyagitu: :fufu: :sorry: :kishi: :gross: :die: 8( :hihi: :-? more »

Post Navigation